novelbook.id

Cara Mengurangi Ukuran PDF Secara Gratis dan Offline

Format PDF dapat membesar dibandingkan dengan format DOCX, yang dapat menjadi masalah penyimpanan dan seringkali ditolak saat diunggah ke internet karena beberapa situs web membatasi ukuran unggahan mereka. Beruntung, file PDF fleksibel dan dapat dikompresi tanpa mengorbankan kualitasnya.

Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara mengurangi ukuran PDF menggunakan perangkat lunak gratis (tidak uji coba) yang bekerja offline. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengunggah dokumen besar untuk memprosesnya. Mari kita mulai!

1. Unduh Free PDF Compressor, instal, dan jalankan program. Ini adalah program gratis terbaik dan paling mudah yang saya temukan di internet. Namun, jika Anda ingin menggunakan program lain, pastikan program tersebut gratis dan dapat diunduh dari sumber yang terpercaya.

2. Klik tombol Browse untuk mencari dan memilih dokumen PDF yang ingin Anda kompres.

3. Pilih dokumen PDF yang ingin Anda kompres. Anda hanya dapat memampatkan satu dokumen pada satu waktu.

4. Pilih kualitas kompresi yang diinginkan. Secara umum, opsi default akan bekerja dengan baik pada berbagai jenis dokumen. Namun, Anda dapat menyesuaikan pengaturan kompresi sesuai dengan kebutuhan spesifik dokumen Anda.

5. Klik tombol Compress untuk memulai proses kompresi.

6. Tunggu hingga proses selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran dokumen PDF dan kecepatan komputer Anda.

7. Setelah selesai, buka direktori PDF dan Anda akan menemukan dokumen terkompresi baru dengan label .compressed di akhir nama dokumen.

Dalam beberapa situasi, file output mungkin lebih besar dari file inputnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih pengaturan kompresi yang tepat sesuai dengan karakteristik dokumen. Beberapa program gratis yang dapat membantu Anda dengan pengaturan kompresi yang lebih dalam adalah PDF Compressor, PDF24 Creator, dan Nice PDF Compressor. Program-program ini juga dapat menawarkan fitur tambahan untuk mengelola dokumen PDF, seperti memisahkan PDF, menggabungkan beberapa PDF, menambahkan watermark, mengekstrak halaman tertentu, dan lainnya.

Pengaturan kompresiSize akhirTotal kompres
Screen2,69 MB1,06 MB
eBook2,82 MB930 KB
Printer3,53 MB220 KB
Prepress4,43 MB-680 KB
Default2,70 MB1,05 MB

Dengan menggunakan panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengurangi ukuran dokumen PDF secara gratis dan offline. Namun, perlu diingat bahwa kompresi PDF dapat mempengaruhi kualitas dokumen, terutama jika Anda menggunakan pengaturan kompresi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan uji coba pada beberapa pengaturan kompresi sebelum memilih opsi terbaik untuk dokumen Anda. Selain itu, pastikan bahwa dokumen yang Anda kompres telah dikonfirmasi dan disetujui oleh pemilik dokumen atau pihak yang berwenang sebelum mengompresinya.

Posting Komentar

© Oecgdev. All rights reserved. Premium By Raushan Design